Makalah, Paper Administrasi Pemerintahan Kecamatan Luwuk


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan yang maha esa karena limpahan Rahmat dan Karunia-nya sehingga penulisan tugas Paper ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya Makalah “Administrasi Pemerintahan Kecamatan Luwuk yang kaitannya pada mata kuliah Administrasi Pemerintahan Daerah Dan Desa.
Dalam penulisan tugas Paper ini tidak terlepas dari adanya sarana dan bantuan dari berbagai pihak, olehnya itu kami mengucapkan terima kasih kepada dosen mata kuliah yang bersangkutan serta rekan-rekan yang telah ikut berpartisifasi demi terselesainya tugas  makalah ini.
Akhir kata, tiada gading yang tak retak, demikian pula dengan tugas ini, masih jauh dari ke sempurnaan. Oleh karena itu, saran dan kritik yang konstruktif dari para pembaca sehingga dapat membangun kesempurnaan untuk tugas peper ini. Untuk itu tetap kami nantikan demi kesempurnaan tugas paper ini.
Akhirnya kami mengucapkan semoga Paper ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan menjadikan paper ini sebagai landasan corak berpikir dalam konteks Administrasi Pemerintahan kecamatan Luwuk semoga bermanfaat amin.


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDU.............................................................................    i
KATA  PENGANTAR........................................................................     ii
DAFTAR IS...........................................................................................        iii
BAB I PENDAHULUAN..........................................................................        1
1.1   Latar belakang............................................................................................         1
1.2  Tujuan penulisan..........................................................................................         2
1.3   Rumusan maslah........................................................................................         2
BAB II PEMBAHASAN
2.1   Pengertian Otonomi Daerah dan administrasi pemerintahan..............   .... 3
2.1   Wilayah admidstratif..................................................................            5
2.2   Letak geografis..........................................................................             7
BAB III PEMBAHASAN MASALAH
2.1  Tugas, fungsi, dan struktur organisasi.......................................       10
2.2   Sumber daya SKPD...................................................................           11
2.3  Tujuan dan sasaran jangka menegah SKPD..............................      12
2.4  Program dan kegiatan pelayanan administrasi...........................      13
BAB IIII PENUTUP
3.1    Kesimpulan...............................................................................             17
KATA PENGANTAR

BAB I

PENDAHULUAN


1.1       LATAR BELAKANG
     Dalam menghadapi berbagai persoalan dan permasalahan dalam pembangunan di Wilayah Kecamatan Luwuk, data dan informasi sangatlah penting untuk dipublikasikan demi menunjang berbagai usaha pembangunan tersebut dalam rangka menuju masyarakat yang  adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 194.  Luwuk adalah ibukota Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah yang berjarak ± 607 km dari Kota Palu yg merupakan Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah .Berdasarkan keputusan Mendagri dan Otonomi Daerah Nomor 50 Tahun 2000 tentang Pedoman Organisasi Dan Tata kerja Perangkat Daerah Provinsi menjadi dasar pengelolahan semua potensi daerah yang ada dan di manfaatkan semaksimal mungkin oleh daerah yang mendapatkan hak otonomi dari daerah pusat. Kesempatan ini sangat menguntungkan bagi daerah-daerah yang memiliki potensi alam yang sangat besar untuk dapat mengelolah daerah sendiri secara  mandiri dengan peraturan pemerintah yang dulunya mengalokasikan hasil daerah 75% untuk pusat dan 25% untuk dikembalikan ke daerah membuat daerah-daerah baik tingkat I maupun daerah tingkat II sulit untuk mengembangkan potensi daerahnya baik secara ekonomi maupun budaya dan pariwisata. Dalam barisan pengantar uraian diatas disimpulkan pulah mengangkat bagaimana peraturan serta kegiatan yang tercermin dalam tugas, fungsi, dan wewenang yang menjadi kegiatan yang rutin dilakukan, dalam menjalankan organisasi pemerintah serta administrasi pemerintahan yang menjadi suatu proses pelayanan dalam masyarakat untuk mencapai tjuan daerah.


1.2  TUJUAN PENULISAN

Dengan adanya otonomi serta kegiatan administrasi disetiap kecamat dalam hal ini luwuk. diharapkan mampu  mengelola daerahnya sendiri. Untuk kepentingan rakyat dan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat secara sosial ekonomi yang merata.

1.3 RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian latar belakang maka kami dapat merumuskan permasalahan yang akan dibahasdari penulisan ini.
1.    Apa itu Otonomi daerah dan administrasi pemerintahan?
2.    Bagaimana Letak Geografis?
3.    Apa salah Tugas, Fungsi dan Struktur Organisasi?
4.    Bagaimana program kegiatan pelayanan administrasinya?


BAB ll

PEMBAHASAN



1.1 Otonomi Daerah dan Administrasi Pemerintahan

          Otonomi berasal dari 2 kata yaitu ,  auto berarti sendiri,nomos berarti rumah tangga atau urusan pemerintahan. Otonomi dengan demikian berarti mengurus rumah tangga sendiri.Dengan mendampingkan kata ekonomi dengan kata daerah,maka istilah “mengurus rumah tangga sendiri” mengandung makna memperoleh kekuasaan dari pusat dan mengatur atau menyelenggarakan rumah tangga pemerintahan daerah sendiri.

Tidak hanya pengertian tentang otonomi daerah saja yang perlu kita bahas. Namun ada dasar-dasar yang bisa menjadi landasan.Ada beberapa peraturan dasar tentang pelaksanaan otonomi daerah,yaitu sebagai berikut:
1.        Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 18 ayat 1 hingga ayat 7.
2.        Undang-Undang No.32 Tahun 2004 yang mengatur tentang pemerintahan daerah.
3.        Undang-Undang No.33 Tahun 2004 yang mengatur tentang sumber keuangan negara.

Dalam pelaksanaan kegiatan program yang dibanggun berdasarkan tujuan pembanggunan di lingkup internal kecamatan Luwuk, maka kita harus menjelaskan satu persatu makna dari kata tersebut dibawah ini, karna merupakan perpaduan yang comunal yang tak terpisahkan didalam pencapaian suatu visi dan misi kedaarahan, yakni administrasi pemerintahan.
1. Pengertian Administrasi
Secara filosofi administrasi berarti kerjasama antara sekelompok orang atau lebih dengan dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Dari sekelompok orang inilah maka lahilah yang namanya Organisasi dan Manajemen Secara kosa kata administrasi berasal dari bahasa yunani yang terdiri dari kata Ad yang merupakan kata yang bermakna intensif dan Ministrated yang berarti pelayanan . Jadi Administrasi berarti ilmu yang mempelajari tentang pelayanan yang seharusnya dilakukan secara Intensif.
2. Pengertian Pemerintah
Pemerintahan menurut etimologi (Kebahasaan) berasal dari kata "Perintah", yang kita ketahui berarti suatu individu yang memiliki tugas sebagai pemberi perintah. Definisi dari Pemerintahan adalah suatu lembaga yang terdiri dari sekumpulan orang-orang yang mengatur suatu negara yang meliliki cara dan sistem yang berbeda-beda dengan tujuan agar negara tersebut dapat tertata dengan baik. Menurut kosa kata , kata pemerintah berasal dari kata to govern, governeren, bestuuren. Semuanya berarti mengatur. dalam terminologi ini, pemerintah dapat mengatur karena mereka memiliki legitimasi dari rakyat berupa amanat konstitusi. semua negara memiliki konstitusi, mau mereka itu komunis ataupun liberal. yang jelas pemerintah itu adalah mereka yang menjalankan konstitusi itu dengan cara mengalokasikan sumber-sumber daya yang ada, termasuk di dalamnya ada kewenangan mengatur.
Kalau "pemerintahan" bisa berarti dua hal. pertama, dia bisa jadi merujuk pada kepemimpinan seseorang dalam pemerintah.
a.    Mengurus artinya segala kegiatan yang bersifat administratif dan teknis, rentangnya bisa dari pembuatan pelayanan sipil sampai pengelolaan sumber daya alam.
b.    Mengatur itu sebenarnya fungsi yang dilakukan legislatif, tapi nggak menutup kemungkinan pemerintah juga membuat aturan sebagai penjelas peraturan yang dibuat oleh legislatif. contohnya adalah PP atau Perda.
c.    Politie, merujuk pada peran negara memberikan ketertiban bagi rakyatnya. pemerintah menjalankan ini melalui lembaga yang bernama kepolisian. Jadi Definisi dari Administrasi Pemerintahanadalah keseluruhan dari bentuk penyelenggaraan pelayanan Pemerintah daerah secara intensif kepada masyarakat baik itu pemerintahan tingkat I maupun pemerintahan tingkat II dengan memanfaatkan dan mendayagunakan segala kemampuan sumber-sumber daya yang ada supaya tujuan negara dapat tertata dengan baik.
1.2  Wilayah Administratif
Kabupaten Banggai memiliki luas 9.672,70 km², berpenduduk 332.240 jiwa (data UU No. 51/1999), dan tingkat kepadatan penduduk 34 jiwa/km². Kabupaten ini terdiri atas 13 kecamatan, 32 kelurahan, dan 271 desa (data UU Nomor 51/1999).Luwuk adalah ibukota Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah yang berjarak ± 607 km dari Kota Palu yg merupakan Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah. Kota Luwuk mempunyai moto "Luwuk Berair" kota yang "Bersih - Aman - Indah dan Rapi".
Sedikit dataran rendah yang terdapat di bibir pantai menjadi sentra kota, pemerintahan dan pemukiman penduduk. Sedangkan tak jauh di belakang kota adalah dataran tinggi / pegunungan yang hijau dan subur. Kondisi geografis ini membuat kota Luwuk tampak unik, memanjang menyusuri pantai.
Pemandangan Kota Luwuk sangat indah baik di siang maupun malam hari. Lokasi kota yang menghadap laut, dengan pusat kota tepat di tengah teluk kecil berbentuk bulan sabit serta berlatar pegunungan memadukan keindangan yang eksotik. Di malam hari, kerlap-kerlip lampu-lampu dari bangunan pemukiman yang ada di lereng pegunungan menampilkan pemandangan yang indah dilihat dari pantai. Sebaliknya bila kita lihat dari pemukiman yang berada di lereng pegunungan maka akan mendapatkan pemandangan pantai dan laut yang tak kalah indahnya, terlebih di saat matahari terbit.

v  Fasilitas dan Prasarana yang tersedia saat ini:
Fasilitas Bandar Udara Bubung yang dilayani oleh Merpati dengan pesawat Fokker-100 (Lwk-Mks pp), Casa-212 (Lwk-Palu pp dan Lwk-Mdo pp)
1.    Fasilitas Pelabuhan container dan penumpang yang saat ini dilayani oleh pelayaran Mentari (Sby-Lwk), pelayaran Tanto (Sby-Ternate-Gorontalo-Lwk), dan kapal penumpang Pelni
2.    Fasilitas transportasi darat baik angkutan barang dan penumpang dengan rute Lwk-Palu pp, Lwk-Mks pp dan Lwk-Mdo pp
3.    Fasilitas komunikasi berupa telepon seluler yang telah dilayani oleh Telkomsel, Indosat dan Telkom Flexy
4.    Fasilitas Internet oleh Telkomnet Instan
v  Luas dan Batas Wilayah
Kota Luwuk, yang terletak di pesisir Selat Pelang, merupakan ibukota Kabupaten Banggai, Propinsi Sulawesi Tengah. Total area dari kota ini adalah 101,43 km2, yang terdiri dari 9 kelurahan. Dari total area ini, luas wilayah yang mendapat pelayanan kebersihan hanya mencapai 20,00 km2 (19,7 %).

v  Batas kota Luwuk adalah sebagai berikut:
· Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Po, Kecamatan Luwuk;
· Sebelah Selatan berbatasan dengan Selat Peleng;
· Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Kayu Tanyo, Kecamatan Luwuk;

1.3  LETAK GEOGRAFIS
A.    Geografis
Kecamatan Luwuk adalah ibu kota Kabupaten Banggai yang memilik batasan wilayah sebagai berikut :
-       Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan pagimana
-       Sebelah Barat Daya berbatasan dengan Kecamatan Kintom
-       Sebelah Selatan berbatasan dengan Selat Peling
-       Sebelah Timur Laut berbatasan dengan Kecamatan Luwuk Timur
B.    Iklim
-       Wilayah Kecamatan Luwuk dipengaruhi oleh 2 (dua) musim yaitu
-       Musim hujan yang berlangsung mulai bulan Oktober sampai dengan bulan April
-       Musim kemarau yang berlangsung mulai bulan April sampai dengan bulan Oktober
-        
C.     Topografi
Kecamatan Luwuk dilihat dari letak topografinya terdiri dari dataran rendah yang memanjang ke daerah pantai dan dataran tinggi dengan letak 0 s/d 500 M di atas permukaan laut.


D.    Kondisi Tanah
Kondisi Tanah di wilayah Kecamatan Luwuk adalah potensial. Hal ini dapat dilihat dari luas areal lahan yang digunakan untuk lahan di bidang pertanian.
Tabel 1.1 Luas Desa / Kelurahan di Kecamatan Luwuk




Tabel 1.2 Keadaan Tanah menurut Persentase bentuk permukaan tanah menurut Desa / Kelurahan di Kecamatan Luwuk


BAB lll

PEMBAHASAN MASALAH



2.1   Tugas, Fungsi dan Struktur Organisasi
Dalam menyelenggarakan Tugas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mempunyai fungsi Sebagai berikut :
1.    Perumusan Kebijakan Teknis di Bidang Perencanaan Pembangunan Daerah
2.    Penyusunan Program Kegiatan di Bidang Data dan Statistik, Ekonomi, Sosial Budaya, Fisik Prasarana dan Penanaman Modal
3.     Pengkoordinasian Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah
4.    Pengelolaan Administrasi Umum, meliputi Ketatalaksanaan, Keuangan, Kepegawaian, Perlengkapan dan Peralatan.
Sesuai PERDA Nomor 5 tahun 2008 ditugaskan bahwa untuk melaksanakan fungsinya, maka Struktur Organisasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Banggai terdiri atas :
1.    Kepala Badan
2.    Sekretariat, meliputi :
a.    Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
b.    Sub Bagian Keuangan dan Aset
c.    Sub Bagian Perencanaan Program
3.    Bidang Data dan Statistik, meliputi :
a.    Sub Bidang Data dan Evaluasi
b.    Sub Bidang Statistik
4.    Bidang Sosial Budaya, meliputi :
a.    Sub Bidang Sosial Dasar dan Kesejahteraan Rakyat
b.    Sub Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan
5.    Bidang Fisik dan Prasarana, meliputi :
a.    Sub Bidang Pekerjaan Umum dan Pengembangan Kawasan
b.    Sub Bidang Perhubungan dan Lingkungan
6.    Bidang Penanaman Modal, meliputi :
a.    Sub Bidang Promosi dan Investasi
b.    Sub Bidang Kerjasama dan Pengembangan Investasi

2.2. Sumber Daya SKPD
            Untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, Bappeda di  dukung oleh sumber daya aparatur yang terdiri dari :
Sedangkan sarana dan prasarana kerja yang digunakan dalam mendukung pelaksanaan tupoksi adalah sebagai berikut :
v  Gedung kantor yang terdiri dari  : Aula/ruang rapat 1 lokal dengan fasilitas pendukungnya ukuran 22 x 11.6 m, yang dapat menampung 300 orang. Dapat digunakan untuk rapat-rapat skala besar maupun untuk pelaksanaan seminar dan ruangan-ruangan kantor lainnya  yang memadai dan representative untuk mendukung kelancaran operasional Bappeda.
v  Fasilitas perkantoran yang relatif telah tersedia dan memadai,  seperti:
-        Mobiler
-        Komputer, yang mampu mendukung kegiatan administrasi maupun teknis perencanaan
-        Fasilitas Telekomunikasi
-        Dan lain-lain
v  Kendaraan Dinas yang mendukung kegiatan operasional.


`2.2  TUJUAN DAN SASARAN JANGKA MENENGAH SKPD
1.    Adapun Tujuan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah yang didasarkan pada Visi Meningkatnya Pelayanan Umum Administrasi Perkantoran
2.    Meningkatkan Penyediaan Sarana dan Prasarana Aparatur
3.    Meningkatkan Disiplin Aparatur
4.    Peningkatan Kinerja Aparatur
5.    Meningkatnya Sistem Pelaporan Capaian Kinerja Keuangan
6.    Mewujudkan Sistem Pengembangan Data/Informasi
7.    Mewujudkan Kerjasama Pembangunan
8.    Mewujudkan Perencanaan Wilayah Strategis Cepat Tumbuh
9.    Meningkatkan Perencanaan Pengembangan Kota-Kota       Menengah dan Besar
10.  Meningkatkan Kapasitas Kelembagaan Perencanaan Pembangunan Daerah
10.        Meningkatkan Perencanaan Pembangunan Daerahdan Misi adalah    sebagai berikut:
11. Meningkatkan Perencanaan Pembangunan Ekonomi
12. Meningkatkan Perencanaan Sosial Budaya
13. Peningkatan sarana  Prasarana Wilayah dan Sumber Daya Alam
14. Meningkatkan Promosi dan Kerjasama Investasi
15. Meningkan Iklim Investasi dan Realisasi Investasi
16. Meningkatkan Pengembangan Data / Informasi / Statistik Daerah
17.      strategik dan merupakan dasar yang kuat untuk mengendalikan dan memantau pencapaian kinerja.
2.3  PROGRAM DAN KEGIATAN
Badan perencanaan pembangunan daerah (Bappeda) Kabupaten Banggai kec. Luwuk dijabarkan lebih lanjut kedalam sejumlah program, didalam setiap program terdapat sejumlah kegiatan yang merupakan operasionalisasi/penjabaran lebih lanjut dari program sebagai arah dan pencapaian tujuan dan sasaran strategik yang memberikan kontribusi bagi pencapaian misi dan visi Badan Perencanaan Pembangunan Periode 2006 – 2011
  1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
-        Penyediaan Jasa Surat Menyurat
-        Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik
-        Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor
-        Penyediaan Alat Tulis Kantor
-        Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan
-        Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor
-        Penyediaan Makanan dan Minuman
-        Rapat-Rapat Koordinasi dan Konsultasi Keluar Daerah
  1. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
-        Pengadaan Perlengkapan Gedung Kantor
-        Pengadaan Peralatan Gedung kantor
-        Pemeliharaan Rutin/Berkala Gedung Kantor
-        Pemeliharaan Rutin/Berkala Kendaraan Dinas / Operasional
-        Pemeliharaan Rutin/Berkala Peralatan Gedung Kantor

  1. Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
-        Pendidikan dan Pelatihan Formal
  1. Fasilitasi  Pindah/Purna Tugas 
-          Pemulangan Pegawai yang Pensiun
  1. Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan
-        Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD
-        Penyusunan Laporan Keuangan Semesteran
-        Penyusunan Dokumen Perencanaan dan Anggaran SKPD

  1. Pengembangan Data/Informasi
-        Pengumpulan, Updating dan Analisis Data Informasi Capaian Target Kinerja Program dan Kegiatan
-        Penyusunan Indikator Kinerja Utama dan Penetapan Kinerja SKPD
-        Penyusunan SPM Bappeda
-        Penyusunan Optimalisasi Data dan Informasi Perencanaan bidang Infrastruktur
  1. Kerjasama Pembangunan
-        Koordinasi dalam Pemecahan Masalah-Masalah Daerah
  1. Perencanaan Pengembangan Wilayah Strategis dan Cepat Tumbuh
-        PAP Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Khusus (PAP P2DTK)
-        Dukungan Koordinasi dan Penyusunan Program STRADA PPDT dan RAD PPDT
-        Koordinasi Pelaksanaan Pemanfaatan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2011
  1. Perencanaan Pengembangan Kota-Kota Menengah dan Besar
-        Koordinasi Penyelesaian Permasalahan Bidang Ke Pekerjaan Umum-an
-        Koordinasi Penyelesaian Permasalahan Bidang Lingkungan Hidup
-        Koordinasi Penyelesaian Permasalahan Bidang Perhubungan
  1.  Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Perencanaan Pembangunan Daerah
-        Sosialisasi Kebijakan Perencanaan Pembangunan Daerah
  1. Perencanaan Pembangunan Daerah
-        Penyusunan Rancangan RPJMD Tahun 2011-2016
-        Penyusunan Rancangan RKPD
-        Koordinasi Penyusunan Laporan Kinerja Pemerintah Daerah
-        Koordinasi Penyusunan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ)
-        Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah
-        Musrenbang Kec./Kab./Prop
-        Forum SKPD Kab./Prop
-        Forkom Bappeda Kab./Prop.
-        Penyusunan Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah Kabupaten
-        Pembangunan Jaringan Komunikasi Data Internal Pemda
  1. Perencanaan Pembangunan Ekonomi
-        Koordinasi Perencanaan Pembangunan Bidang Ekonomi
-        Penelitian dan Asistensi RKA,DPA Perubahan dan RKA, DPA Penetapan
-        Penyusunan KUA Perubahan APBD
-        Penyusunan PPA Perubahan APBD
-        Penyusunan KUA Penetapan APBD
-        Penyusunan PPA Penetapan APBD
-        Pengembangan Wilayah Pedesaan
  1. Perencanaan Pembangunan Bidang Sosial Budaya
-        Koordinasi Perencanaan Pembangunan Bidang Sosial Budaya
-        Penyelenggaraan Penyediaan Data dan Informasi Perencanaan Pengendalian Pembangunan Pendidikan ( JARLIT )
-        Penyusunan Data Base Pendidikan SD
-        Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Banggai
-        Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Banggai
-        Penanganan Lanjut Usia dan Pemberdayaan Masyarakat
  1. Perencanaan Prasarana Wilayah dan Sumber Daya Alam
-        Koordinasi Perencanaan Prasarana Wilayah
-        Dukungan Program WISMP Tahun
-        Koordinasi dan Fasilitasi Penyusunan RDRTK dan Peraturan Zonasi
  1. Peningkatan Promosi dan Kerjasama Investasi
-        Koordinasi Perencanaan dan Pengembangan Penanaman Modal
-        Peningkatan Koordinasi dan Kerjasama di Bidang Penanaman Modal dan Dunia Usaha
-        Peningkatan Kegiatan Pemantauan, Pembinaan dan Pengawasan Pelaksanaan Penanaman Modal
-        Penyelenggaraan Pameran Investasi
  1. Peningkatan Iklim Investasi dan Realisasi Investasi
-        Penyusunan Buku Profil Investasi / Promosi Investasi
  1. Pengembangan Data / Informasi / Statistik Daerah
-        Penyusunan Data Base Bidang Statistik dan Penelitian
-        Penyusunan Indeks Pembangunan Manusia Kab. Banggai


BAB III
P E NU T U P

2.1 Kesimpulan
Dari hasil uraian di atas penulis dapat menyimpulkan beberapa hal sebagai baerikut :
1.   Bahwa Kecamatan Luwuk sebagai Ibu Kota Kabupaten Banggai mempunyai Pemerintahan yang sudah tertata dengan baik sampai ke tingkat desa.
2.   Bahwa Kecamatan Luwuk mempunyai letak yang sangat strategis sebagai Ibu Kota Kabupaten karena terletak di tengah-tengah wilayah Kecamatan lain.
3.   Bahwa Kecamatan Luwuk memiliki jumlah penduduk yang beraneka ragam suku dan agama sehingga dapat memberikan sumbangsih dalam percepatan pertumbuhan social kemasyarakatan.
4.   Bahwa kecamatan Luwuk mempunyai lahan yang potensial dengan memiliki lahan-lahan pertanian dan perkebunan yang dapat diolah untuk peningkatan ekonomi masyarakat.



KATA PENGANTAR


ü Kecamatan Luwuk Dalam Angka, Bappeda & Badan Pusat Statistik Kabupaten Banggai.



situs yang mungkin membantu :
http://blogeryishakkuradi@gmail.com,
https://www.youtube.com/channel/UCYhYZV9hTXYNxBkga9oalDg





Comments

Popular posts from this blog

Komponen Masyarakat

Mars Untika Luwuk, Yel-Tel, Sumpah Mahasiswa, Universitas Tompotika Luwuk

DAFTAR NAMA DESA & KELURAHAN PADA TIAP-TIAP KECAMATAN DI KABUPATEN BANGGAI PROVINSI SULAWESI TENGAH